Menggunakan Cloud Atau Membeli Sendiri

Menggunakan cloud untuk kegiatan akutansi tentunya sangat di perlukan terlebih perkembangan trend teknologi akhir-akhir ini. Cloud mempunyai fungsi seperti kita membeli sebuah server secara fisikdan menginstal software-software yang kita perlukan. Perbedaan jika kita menggunakan cloud kita tidak membeli hardwarenya tetapi menyewa hardware yang telah dimodifikasi menjadi server, manakah yang lebih baik digunakan untuk menjadi server. Banyak pertimbangan yang harusnya kamu Analisa sebelum kamu menyewa atau membeli sendiri cloud server.

  1. Membeli server sendiri
    Jika perusahaan nemilih untuk membeli server sendiri, perusahaan harus mencari vendor untuk menyediakan hardwarenya. Pada tahap ini perusahaan harus menginvestasikan dananya untuk membeli server baru yang harganya pasti cukup mahal. Perusahaan harus merekrut staff dan menggajinya untuk menginstall softwarenya dan memastikan software dapat berjalan dengan baik. Perusahaan juga harus memperkirakan kapan server tersebut akan penuh dan membeli server yang baru untuk menyesuaikan sesuai kebutuhan. Perusahaan harus memikirkan backup dan recovery. Perusahaan juga perlu menyediakan server backup untuk mengantisipasi kegagalan hardware.
  2. Menggunakan cloud
    Jika perusahaan menggunakan cloud, dia cukup membayar sewa bulanan. Untuk menginstall sistem operasi bisa dilakukan kurang dari 5 menit. Jika kebutuhan memory atau hardisk naik, tinggal mengupgrade layanan yang disediakan penyedia jasa cloud tersebut. Tentu saja untuk menggunakan jasa cloud ini harus mempunyai koneksi internet yang cepat atau memiliki bandwitdh tinggi.

Pertimbangan mengambil keputusan

  1. Biaya
    Secara biaya, membeli server sendiri akan lebih mahal karena harus membeli server dan menggaji karyawan yang mengerti hardware dan software untuk memliharanya.
  2. Koneksi internet
    Untuk menggunakan cloud harus mempunyai koneksi internet yang bagus
  3. Fleksibilitas upgrade
    Menggunakan cloud lebih memudahkan dalam upgrade baik dalam space, memory maupun processor. Proses upgrade tidak dilakukan secara hardware tetapi software.
  4. Struktur organisasi perusahaan
    Jika perusahaan banyak memiliki cabang, lokasi server di tengah menggunakan cloud akan memberikan performa lebih baik.
  5. Backup dan Recovery
    Menggunakan jasa cloud akan mengurangi aktivitas backup dan recovery karena kegagalan sub sistem. Perusahaan cloud yang baik dengan Tier 3 akan menyediakan sub sistem yang memiliki redundancy, jika suatu sub system gagal akan diambil alih sub system lain secara otomatis.
  6. Security
    Memiliki server sendiri terlihat memiliki security yang lebih baik.
    Tetapi penyedia cloud tentu akan memperjuangan securitynya karena mati hidup bisnis cloud yang dia tekuni sangat tergantung dari security yang dia bisa berikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.